Uwindz's Blog

PLN kesulitan Menyediakan Listrik untuk Penduduk Pelosok Indonesia

Posted on: Mei 27, 2010

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan menyatakan bahwa perusahaannya masih mengalami kesulitan dalam menyediakan listrik di seluruh wilayah Indonesia, meskipun ia berharap dengan adanya langkah-langkah penyehatan perusahaan,  PLN bisa menyuplai listrik ke seluruh daerah.
Langkah-langkah PLN untuk melakukan penyehatan perusahaan itu adalah pengadaan gas satu juta million metric british thermal unit per day (MMBtud), mengganti sebagian besar mesin diesel, dan mengubah sistem subsidi ke bantuan langsung tunai (BLT) listrik.

Ia mengemukakan bahwa sebelumnya ada kesepakanatan atara PLN, Pertamina dan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk membangun perusahaan yang akan membangun receiving terminal gas di tiga tempat, namun karena lama tidak terealisasi akibat kesulitan membuat join venture company, maka PLN kemudian mengundurkan diri.
PLN memilih untuk mempersilakan Pertamina dan PGN membuat receiving terminal gas, sedangkan PLN lebih baik menjadi pembeli, yang penting gas tersedia.
Dahlan menjelaskan bahwa saat ini kebutuhan baru bisa mencukupi untuk PLTGU Muara Karang dan PLTG Medan, sedangkan untuk PLTGU Muara Tawar belum bisa dipenuhi.
Untuk menyehatkan perusahaan PLN, pihaknya juga akan membangun pipanisasi ke beberapa PLTG di Semarang atau Tambak Lorong.

Selain itu, juga mengusahakan “coal gasification”, yaitu proses mengubah batu bara padat menjadi gas batu bara yang mudah terbakar, selain itu juga PLN juga merencanakan membangun PLTU di 70 kota di Indonesia untuk memperoleh tambahan gas.
Langkah lain yang akan dilakukan adalah memulai proyek pembangkit listrik tenaga surya di lima pulau, yaitu di Banda, Bunaken, Belawan, Wakatobi, dan Gilitrawangan.

sumber: http://www.tambangnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: